Tuesday, January 7, 2014

Original or Plagiarism

Hi bloggers, Thanks a lot sudah mengunjungi website Wishes Cake. Gak kerasa Wishes Cake sudah berumur satu tahun tanggal 1 November 2013 kemarin. Setahun yang penuh dengan banyak perjuangan merintis Wishes Cake, perjuangan membuat pesanan-pesanan customer tanpa asisten dan yang pasti rasa syukur yang saya lewati setiap berhasil membuat pesanan sesuai dengan request customer.

Menjadi baker memang bukan hal yang mudah. Bukan hanya menimbang bahan-bahan kue, membuat adonan dan setelah itu memanggang kue. Tapi begitu banyak hal lain yang harus di lakukan seorang baker. Harus mengerti maunya customer, berusaha membuat setiap figurine agar persis seperti aslinya ataupun berusaha memainkan imajinasi agar setiap hasil cupcakes / cakes saya terlihat berbeda dengan hasil karya orang lain.

Hal yang terakhir merupakan hal yang sulit bagi saya. Karena terkadang ketika badan saya sudah capek, imajinasi saya tidak bisa datang dengan mudah. Kalau sudah begitu saya pasti melihat-lihat hasil karya bakers lain untuk referensi saya. Karena dari referensi tersebut, bisa muncul ide-ide saya yang lain. Tapi hanya referensi yah bloggers, bukan untuk dijiplak.

Bukan untuk dijiplak? Ya, bukan untuk dijiplak. Saya sangat berusaha untuk tidak menjiplak hasil karya orang lain. Terkecuali customer saya yang meminta untuk dibuatkan cake atau cupcake sesuai dengan contoh yang sudah diberikan. Karena saya tau bagaimana rasanya apabila hasil karya kita dijiplak mentah-mentah oleh orang lain.

Apakah bloggers pernah mendengar tentang kisah bagaimana awalnya ada Sacher Torte Cake? Sacher adalah nama seorang baker di salah satu negara di Eropa. Beliau yang membuat pertama kali resep Sache Torte Cake.Pada saat itu Sacher Torte cake begitu terkenal. Tidak lama kemudian ada seorang baker lain yang membuat Sacher Torte cake tersebut tanpa izin Mr. Sacher. Karena tidak menyukai hasil karyanya di ambil tanpa ada izin, maka Mr. Sacher melaporkan ke polisi hingga ke pengadilan. Dan pengadilan memutuskan agar semua baker yang ingin membuat Sacher Torte cake agar menuliskan nama Sacher di atas cakenya. Dan ini contoh cake Sacher Torte.


Mungkin quotes dibawah ini yang menjadi panduan Mr. Sacher Torte. Bahwa setiap manusia dilahirkan orisinil, kenapa kita tidak menggunakan imajinasi kita daripada menjadi copycat? Karena pada hakikatnya tidak ada manusia yang sama 100%. Walau kita terlahir sebagai kembar, saudara kembar kita pun tidak akan memiliki wajah, sikap / sifat yang sama 100%. Atau mungkin pada dasarnya Mr. Sacher memperbolehkan hasil karyanya di jiplak 100% dengan cara meminta izin Mr. Sacher agar Mr. Sacher tetap dihargai sebagai seorang pencipta Sacher Torte Cake. 


Beberapa saat lalu saya sempat pergi ke Beatles Museum dan saya menemukan tulisan ini didalam museum tersebut.


Kalau dilihat dari photo diatas, John Lennon menyimpulkan bahwa the Beatles lahir karena adanya Elvis atau terinspirasi oleh Elvis. Saya sangat setuju dengan kalimat yang di ucapkan oleh John Lennon tersebut. Untuk terinspirasi pada suatu hal sehingga kita dapat berhasil mendapatkan ide untuk membuat suatu karya.

Jadi memang sangat berbeda ya apa yang sudah dilakukan oleh baker pada zaman Mr. Sacher yang mencontek hasil cake tersebut 100% tanpa meminta izin Mr. Sacher, dengan The Beatles yang muncul karena terinspirasi oleh adanya Elvis Presley.

Semoga saya bisa tetap berusaha menjadi seorang baker yang melihat sekeliling saya sebagai suatu inspirasi, yang dapat memunculkan ide-ide segar untuk membuat cupcakes / cakes.

Dan semoga tulisan saya ini bermanfaat juga untuk blogger.Have a great day all!

No comments:

Post a Comment